gravatar

Bimbel, Perlukah?

SETIAP kali menginjak semester dua seperti sekarang, tempat bimbingan belajar (bimbel) seolah menjadi tempat tongkrongannya teman-teman kelas 3 SMA maupun SMP (dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada anak kelas 3 SMP, kita gak akan ngomongin kalian di sini).

Sebagian siswa merasa perlu mendapatkan bimbel untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) dan SPMB. Walaupun jam sekolah ditambah untuk waktu pemantapan, masih banyak yang merasa kurang puas. Apalagi, dengan bertambahnya mata pelajaran yang di-UN-kan yang awalnya 3 pelajaran menjadi 6 pelajaran.

UN tahun ini direncanakan dimulai tanggal 22 April. Terhitung 3 bulan dari sekarang untuk mempelajari pelajaran selama tiga tahun. Buat anak-anak IPA, mata pelajaran UN bertambah 3 yaitu biologi, fisika, dan kimia. Sementara buat anak IPS, bertambah dengan mata pelajaran ekonomi, sosiologi, dan geografi. Pelajaran-pelajaran tersebut mungkin yang membuat tempat bimbel menjadi "tempat peraduan" anak SMA untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi UN.
Apalagi, banyak pihak bimbel yang menjanjikan kelulusan 100% atau "tidak lulus uang kembali setengahnya". Itu juga, mungkin, yang meyakinkan para orang tua untuk "menitipkan" anaknya ke tempat bimbel. Bimbel menjadi barang mewah akhir-akhir ini karena biaya masuknya sudah seperti biaya masuk sekolah.

Selain bimbel, orang-orang pun menyerbu toko-toko buku yang menjual kumpulan soal UN dan SPMB atau mengikuti try out yang diadakan oleh bimbel-bimbel. Dengan harga buku yang tidak lebih dari Rp 100.000,00 dan try out yang hanya Rp 15.000,00 - Rp 20.000, 00, cara itu jauh lebih murah dibandingkan dengan mengikuti bimbel yang biaya per bulannya mencapai ratusan ribu rupiah.

Jadi, sebetulnya, perlu enggak sih kita ikutan bimbel? Jawabannya berpulang kepada diri kita masing-masing. Selain motivasi dan kemampuan otak, urusan doa pun jangan terlewatkan. Bimbel hanyalah pembimbing, jika otak kita bebal dan tidak serius mengikutinya, mungkin bimbel juga akan percuma. ***

(Tantra Ahmad, pelajar SMAN 26 Bandung)