gravatar

Budayakan Bersepeda!

TEMAN-teman, kita telah menghadapi masalah pemanasan global karena banyaknya emisi gas rumah kaca. Oleh karena itu, kita perlu untuk menanggapi masalah tersebut. Bagaimana caranya agar kita dapat menanggapinya? Menurut saya, hal yang dapat kita wujudkan adalah dengan budaya bersepeda (bagi yang telah mempunyai sepeda) di dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan kita bersepeda, maka kita akan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Berikut alasan-alasan saya yang lain dalam mengajukan opini budaya bersepeda:

1. Jika kita bersepeda, maka akan membuat tubuh kita menjadi sehat.

2. Jika kita bersepeda, maka akan menghemat biaya transportasi.

3. Jika kita bersepeda,maka akan mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas di jalan raya.

4. Jika kita bersepeda, maka akan meningkatkan rasa persaudaraan antara kita dengan teman-teman lainnya yang sama-sama mewujudkan budaya bersepeda.

Memang, jika rute transportasi yang akan kita tempuh begitu jauh, maka akan membuat tubuh kita menjadi lelah dan wajar jika kita beralih ke motor, mobil, atau angkot. Namun, jika rute transportasi yang akan kita tempuh tidak begitu jauh, apa salahnya jika kita menggunakan sepeda dalam bertransportasi? Contohnya adalah kita bersepeda dari dan menuju ke sekolah. Jadi, teman-teman daripada kita bergeng motor yang tidak baik, tidak menyehatkan, serta mengundang polusi, kebisingan, dan kemacetan, lebih baik kita bergeng sepeda yang sewaktu-waktu dapat melakukan rekreasi santai bersama teman-teman segeng sepeda (misalkan, dari Bndung ke Lembang via Punclut, lalu ke Bandung lagi via Jalan Raya Bandung-Lembang). Semangatlah dalam mewujudkan budaya bersepeda!

Chandra Adi Putra, XII IPA 1 SMA Negeri 18 Bandung