gravatar

"Global Warming"

WAA... es kutub mencair, banjir, kebakaran hutan, suhu di bumi panas banget!! Kok bisa ya?Padahal, kan es di kutub banyak, tapi kok bisa cair ya? Terus cuma gara-gara es kutub mencair, kok bisa bikin heboh orang 1 planet ya?

Coba deh, Belia pikirin, kenapa bisa kayak gitu? Lalu, apakah kita sudah berusaha untuk membantu mencegah global warming?

Global warming itu banyak sekali penyebabnya. Saking banyaknya, sampai kita gak bisa nyebutin satu-satu. Saking banyaknya juga, mungkin kita udah ikut berpartisipasi menghancurkan bumi. Contoh, pemakaian CFC pada AC, kulkas, pemakaian hair spray, asap kendaraan, dan sebagainya.

Kebetulan, kemarin sudah diadakan konferensi internasional tentang global warming di Bali. Tetapi, menurut saya, sebesar dan sebagus apa pun pertemuan atau aksi yang dilaksanakan, jika tidak dibarengi dengan usaha, maka semua itu akan sia-sia. Untuk ukuran pelajar seumuran kita, nggak usah mikirin dulu menggelar konferensi internasional deh. Dari yang kecil aja dulu. Misalnya lingkungan rumah, RT/RW. Walaupun kecil, asal kita niat dan berusaha, tanpa sadar sudah menjadi `dokter` bagi Bumi.

Selain itu, salah satu kesalahan manusia yang membuat Bumi sakit itu penebangan liar. Mereka menebang pohon tanpa berpikir panjang. Kalau mereka bilang, ``Kan itu bisa ditanam lagi``. Mereka salah. Menanam nggak semudah menebang. Selain itu, mereka juga sudah mendukung global warming.

Sekarang, tinggal balik lagi ke diri kita masing-masing. Jadi, apa yang akan kalian lakukan untuk Bumi, guys?***

N.R. Alifa Mariani, 9E, SMPN 15 Bandung

gravatar

Kayaknya semua postingan yang di blog ini diambil dari Inspirasi yang ada dì koran Belia PR ya?

Tapi ga apa-apa ko... (artikelku kan jadi ikut di-publish, jadi tambah famous deh!)

Hehehe

Cheers,
ALIFA MARIANI